Senin, 15 November 2010

PERBEDAAN INDIVIDU

Dalam perilaku pembelian juga dipengaruhi oleh situasi ekonomi, dengan berubahnya situasi ekonomi, maka biasanya akan merubah perilaku konsumen dalam melakukan pembelian. Keadaan ekonomi, yaitu terdiri dari pendapatan yang dapat dibelanjakan (tingkatnya, stabilitasnya, dan polanya), tabungan dan hartanya, kemampuan untuk meminjam. Pemasaran melibatkan pertukaran sesuatu yang bernilai yang di berikan oleh pelanggan untuk sesuatu yang bernilai yang diterima penjual. Setiap produsen harus mengetahui bahwa dasar kebutuhan dari setiap individu itu pasti berbeda. Meski demikian, produsen itu haruslah bersikap cermat dalam membaca situasi dan kondisi yang tengah dihadapi oleh pasar. Produsen harus dapat menemukan titik temu dimana aspirasi dari keinginan konsumen bisa terpenuhi dengan membuat barang produksi yang kreatif dan inovatif sehingga menimbulkan minat konsumen untuk membeli. Di dalam situasi pemasaran yang tradisional, konsumen mungkin menukar uang dengan produk.

Keputusan konsumen sehubungan dengan produk dan merek sangat dipengaruhi oleh jumlah sumber daya ekonomi yang mereka miliki atau mungkin akan mereka miliki pada masa yang akan datang. Untuk menjadi konsumen diperlukan uang, seseorang haruslah memiliki dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsinya. Kekayaan adalah variable yang sangat menarik bagi pemasar. Jika tidak memiliki dana yang cukup, proses konsumsi tidak dapat berjalan.

Contoh : Di pedesaan masih ada sistim tukar barang, disana orang-orang menukar barang yang dibutuhkan dengan barang lain yang dibutuhkannya. Ini disebut system barter. Pada masa sekarang produsen berusaha membuat barang yang diproduksinya semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian pembeli. Hal menunjuan perbedaan kebutuhan individu sesuai dengan kebutuhannya.

Sumber :

1. http://www.scribd.com/doc/22314255/Pengaruh-Desain-Produk-Terhadap-Prilaku-Konsumen-Dalam-Membeli-Sepeda-Motor-Merek-Yamaha

2. http://nathasyakisinky.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar