Motivasi perilaku manusia adalah kekuatan dorongan dari dalam diri individu yang memaksa mereka untuk melakukan tindakan (Schiffman dan Kanuk, 1994) menyataka. Kekuatan dorongan tersebut dihasilkan dari suatu tekanan yang diakibatkan oleh belum atau tidak terpenuhinya kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kemudian bersama-sama dengan proses kognitif dan pengetahuan yang sebelumnya didapat, maka dorongan akan menimbulkan perilaku untuk mencapai tujuan atau pemenuhan kebutuhan. Dengan demikian, jika seseorang mempunyai motivasi yang tinggi terhadap obyek tertentu, maka dia akan terdorong untuk berperilaku menguasai obyek tersebut. Sebaliknya jika motivasinya rendah, maka dia akan mencoba untuk menghindari obyek yang bersangkutan. Implikasinya dalam pemasaran adalah kemungkinan orang tersebut berminat untuk membeli produk atau merek yang ditawarkan pemasar atau tidak.
Dapat terpenuhinya suatu kebutuhan akan menimbulkan motivasi untuk memenuhi kebutuhan yang lain. Pemenuhan kebutuhan tersebut tersusun dalam sebuah jenjang dari tingkatan yang paling mendesak sampai dengan yang kurang mendesak, meskipun bukan berarti harus dimulai dari kebutuhan fisiologis ke atas sampai dengan kebutuhan aktualisasi diri. Tetapi selalu ada kemungkinan pengecualian dari kecenderungan tersebut. Seseorang kadang-kadang justru lebih termotivasi untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi karena dia ingin memacu pencapaian potensi dirinya, walaupun dia mengalami kesulitan untuk membeli produk/merek tertentu. Secara umum motivasi yang dominan dari seseorang untuk memenuhi kebutuhan dapat berbeda satu dengan yang lain, meskipun obyek pemenuhannya sama.
Contoh kasus:
seperti dalam suatu kelompok atau club tertentu mereka membutuhkan lambing atau atribut-atribut yang menunjukan mereka sebagai anggotanya. Seorang pengusaha yang membutuhkan alat komunikasi untuk kelancaran bisnisnya. Dan seorang pelajar yang membutuhkan alat tulis untuk kebutuhan belajarnya. Ini merupakan salah satu contoh konsumen berdasarkan motivasi dan kebutuhannya.
Sumber :
1. http://www.scribd.com/doc/5889942/konsumen
2. http://nathasyakisinky.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar