Senin, 25 Oktober 2010

Pengaruh Lingkungan Terhadap Prilaku Kosumen

Prilaku konsumen merupakan tingkah laku dari konsumen tentang apa yang menjadi kebutuhan dasar konsumen. Perilaku konsumen dipengaruhi faktor-faktor kejiwaan dan faktor luar lainnya yang mengarahkan mereka untuk memilih dan mempergunakan barang dan jasa yang diinginkannya. Minat beli merupakan bagian dari proses menuju kearah tindakan pembelian yang dilakukan seorang konsumen. Prilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukan oleh orang-orang dalam hal merencanakan, membeli dan menggunakan barang-barang ekonomi dan jasa-jasa. Prilaku konsumen terdiri dari aktivitas-aktivitas yang melibatkan orang-orang sewaktu sedang menyeleksi, membeli dan menggunakan produk-produk dan jasa, sedemikian rupa sehingga hal tersebut memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka.

Prilaku pengambilan keputusan konsumen dipengaruhi oleh: budaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga, situasi

· Budaya

budaya mengacu pada nilai gagasan, artefak, dan symbol-symbol lain yang bermakna yang membantu individu untuk berkomunikasi, melakukan penafsiran dan evaluasi sebagai anggota masyarakat.

· Kelas Sosial

pembagian di dalam masyarakat yang terdiri dari individu-individu yang berbagi nilai, minat, dan perilaku yang sama. Mereka dibedakan oleh perbedaan status sosioekonomi yang berjajar dari yang rendah hingga yang tinggi.

· Pengaruh Pribadi

subjek yang penting di dalam penelitian konsumen sejak penelitian ini menjadi bidang studi yang serius. Sebagai konsumen, perilaku kita kerap dipengaruhi oleh mereka yang berhubungan erat denagn kita.

· Keluarga

keluarga merupakan unit pengambilan keputusan utama tentu saja denagn pola peranan dan fungsi yang kompleks dan bervariasi

· Situasi

jelas bahwa perilaku berubah ketika situasi berubah. Kadang perubahan ini tak menentu dan tidak dapat diramalkan. Pada kesempatan lain, perubahan tersebut dapat diramalkan melalui penelitian dan dimanfaatkan dalam strategi.

Contoh :

Seorang yang membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan karena hannya ingin melengkapi koleksinya atau hannya karena tuntutan lingkungannya. Misalnya orang yang membeli tong sampah portable karena lingkungannya menggunakan tong sampah tersebut. In merupakan salah satu contoh dari pengaruh lingkungan terhadap prilaku konsumen.

Submber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumenhttp://www.butikbella.co.cc/gaya-hidup-konsumtif

http://vennieshella.blogspot.com/2010/10/pengertian-psikologi-konsumen-istilah.html

www.freewebs.com/nana-sudiana/teori_konsumsi_investasi.doc

http://elqorni.wordpress.com/2008/05/03/konsumen-dan-kepuasannya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar